Sistem Komputer 2kb01

Manusia dan Keindahan

Nama : Okto Prasetiyo I.
NPM : 25110268
Matkul : Ilmu Budaya Dasar
Keindahan.
Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keidahan identikdengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaituabadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah.Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, kedaerahan, seleramode, kedaerahan atau lokal.


Apakah keindahan Itu ?
Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidakdapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang berwujud atausuatu karya. Dengan kata lain keindahan itu baru dapat dinikmati jika dihubungkan dengan suatu bentuk. Dengan bentuk itukeindahan berkomunikasiMenurut cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualita abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah.
Untuk pembedaan itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beuty” (keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan filsafat, kedua pengertian ini kadang-kaang dicampuradukkan saja.Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yakni:
a.keindahan dalam arti luas
b.keindahan dalam arti estetis murni
c.keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pulakebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskankeindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yangindah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adapt kebiasaan yang indah. Tapi bangsaYunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatandan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi : keindahanseni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.Keindahan dalam arti estetik murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengansegala sesuatu yang dicerapnya. Sedang keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkutbenda-benda yang dicerapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.
Pendapat saya:
Keindahan itu adalah segela sesuatu yang enak dilihat, dinikmati, diamati, dirasakan.
Keindahan ada bemacam-macam:
Keindahan pada taman kota termasuk keindahan yang dilihat dan diamati. Karena dapat membuat perasaan yang melihat menjadi tenang dan damai. Oleh karena itu kita generasi muda harus menjaga keindahan yang sudah ada atau menambahkannya.
Keindahan pada saat idul fitri yaitau keindahan yang dirasakan karena semua umat muslim saling bermaaf-maafan. Saling sapa antar sesame tidak membeda-bedakan mana yang kaya mana yang miskin. Semua orang berkumpul untuk melaksanakan solat idul fitri bersama-sama. Perasaan yang tenang karena kembali fitri. Keindahan bulan Ramadan.
Keindahan sebuah lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi terkenal, itu adalah keindahan yang dapat dinikmati. Jika mendengar suaranya kita dapat menikmati sehingga perasaan dapat terpengaruh oleh lagu itu. Jika lagu bertema kegembiraan maka pendengar akan merasa senang, namun jika lagu bertema kesedihan maka pendengar akan merasa sedih dan galau.
Banyak macamnya dari keindahan. Kita sebagai manusia juga harus menjaga keindahan-keindahan yang sudah ada. Seperti hutan, pegunungan, sungai, dll. Bukan malah merusak dan memanfaatkan secara berleibhan.
Go Green
`
-Be a Good Friend-

0 comments: